RSS

PERKEMBANGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI

PERKEMBANGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI






1. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI


A. Pengertian IPTEK
IPTEK  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. IPTEK merupakan sesuatu yang sangat berkaitan dengan teknologi, Definisi lengkap tentang teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal.

# Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan IPTEK
1) Zaman Purba (4 juta tahun lalu)

  Lebih dikenal dengan sebutan zaman batu, ciri ilmu yang dikembangkan ini adalah kemampuan mengamati, membedakan, memilih, dan melakukan percobaan. Hasil dari periode ini adalah pembuatan alat-alat batu,  kemudian lebih disempurnakan dengan besi dan perunggunya, serta sistem bercocok tanam.



2) Zaman Yunani (600-200 SM)

Terjadi perubahan besardari cara berpikir manusia,dan babak dimulainya teknologi. Antara lain ditemukannya dalil-dalil. Seperti phytagoras, archimedes, dll.

3) Zaman Pertengahan (31 SM-628 M)

Lebih dikenal dengan zaman kegelapan, karena perkembangan ilmu pengetahuan terhenti di Eropa. Agama Kristen mulai berkembang didalam kehidupan masyarakat Eropa. Sebaliknya perkembangan IPTEK di dunia islam mulai menonjol.

4) Zaman Modern (658 M-Sekarang)

Zaman modern ini diawali dengan zaman Renaissance (fase kebangkitan kembali iptek di Eropa). Masyarakat mulai mengandalkan kekuatan rasio (akal), dan meninggalkan norma-norma agama.
Ilmuwan zaman modern yang sangat terkenal William Henry Gates.

0 komentar:

Posting Komentar