RSS

TRENGGALEK KOTA WISATA

#TENTANG KABUPATEN TRENGGALEK








Kabupaten Trenggalek adalah salah satu  Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Trenggalek yang jaraknya kurang lebih 180 km dari ibu kota Surabaya Jawa Timur. Kabupaten ini menempati wilayah seluas 1.205,22 km² yang dihuni oleh ±700.000 jiwa. Letaknya di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utaranya  Kabupaten Ponorogo, sebelah timurnya  Kabupaten Tulungagung, sebelah selatannya Samudera Hindia, dan sebelah baratnya Kabupaten Pacitan.  

 



  • MAKANAN KULINER UNIK KHAS TRENGGALEK
Trenggalek adalah salah satu kota yang memiliki cukup banyak makanan khas, yaitu :

1. NASI GEGOG

 

Nasi gegog adalah nasi yang dibungkus di dalam daun pisan. Isi dari nasi ini adalah nasi putih dan sambal ikan teri. Biasanya nasi gegog dibuat dengan cabe yang banyak. Nasi gegog ini banyak di produksi oleh masyarakat Kecamatan Bendungan Trenggalek. Biasanya lauknya tahu goreng bentuknya bundar.


    2. NASI TIWUL


Nasi Tiwul juga termasuk dalam makanan khas trenggalek.nasi tiwul berbahan dasar dari ketela.

2.       3. ALEN ALEN

Alen - alen adalah makanan ringan khas trenggalek,Alen-alen terbuat dari pati ketela (singkong ) yang di buat seperti cincin kemudian di goreng,alen-alen itu sendiri berci khas berwarna kuning.jadi tak ada tuch warna alen-alen yang berwarna merah atau warna lain,karena alen-alen warnanya cuma satu yaitu kuning. Banyak orang yang bepergian ke trenggalek membeli alen-alen untuk oleh-oleh / jajanan untuk pulang ke daerahnya .Sangat mudah untuk mencari alen alen itu sendiri.sekarang di ds.bendorejo kec.Pogalan







  • BUDAYA KABUPATEN TRENGGALEK
  1. Bersih Dam Bagong ( Nyadran )

Di  bulan Selo penanggalan Jawa, setiap hari Jum’at Kliwon para petani dari 11 desa di Kecamatan Trenggalek dan Pogalan yang sawahnya mendapat pengairan dari Dam Bagong melaksanakan Upacara Bersih Dam Bagong. Selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, upacara tersebut juga untuk memperingati jasa pemrakarsa pembangunan Dam Bagong, yakni Menak Sopal.

 2. TURONGGO YAKSO. 

  
 Tari kebudayaan Jaranan Turonggo Yakso adalah salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh Trenggalek. Jaranan turonggo yakso ini biasanya di tampilkan pada waktu acara agustusan di kabupaten Trenggalek. Turonggo yakso ini biasanya juga di gunakan untuk pentas seni dan perlombaan.

  • CIRI KHAS TRENGGALEK

 Apakah  kalian sudah pernah Ke kota Trenggalek? Apakah kalian juga sudah kenal dengan Trenggalek. Disini saya akan menjabarkan Keunikan yang di punyai Trenggalek.
Trenggalek Tidak terkenal. Mungkin Kalau di tanya Trenggalek masih banyak yang awam dan mungkin banyak yang tidak tahu. Tapi kalau Ditanya Pantai Prigi malah banyak yang tahu. Ya itulah Trenggalek.
Kota yang di kelilingi Pegunungan. Inilah keunikan Trenggalek yang sangat saya sukai, yaitu kotanya yang di kelilingi oleh gunung yang saling terhubung,  sebagian wilayahnya adalah pegunungan.
Makanan Khas Alen-alen. Aleh alen adalah makan ringan yang terbuat dari Singkong yang di olah seperti cincin warnanya kuning terus di goreng. Alen-alen itu sendiri adalah hasil karya yang di hasilkan masyarakat di trenggalek
Tempat lahirnya Supriyadi. Apakah kalian sudah tau kalu kota Trenggalek ini tempat lahirnya Supriyadi? Supriyadi adalah pahlawan Nasional pada era sukarno yang lahir di kotaku ini, tetapi masih banyak yang belum tahu.
Makanan Tiwul Trenggalek pernah menyabet Gelar karna makan Tiwulnya paling enak di indonesia.
Mempunyai Jalan Xtrem No 2 di jawa timur. Munjungan adalah salah satu kecamatan yang memiliki jalan yang sangat Xtrem, jalannya yang berbelok belok menjadi tantangan untuk para wisatawan yang akan pergi ke sana.
Bahasa Trenggalek.
Trenggalek mempunyai bahasa ciri khas yang tidak di punyai daerah lain.Yang paling umum adalah kata “Nyatuke, buanget,muesti” dan masih banyak bahasa lainnya. Hehehe
Menak Sopal..Menak sopal adalah seorang pendiri kota trenggalek pertama kali.Dan untuk mengenang jasa-jasanya kata “menak sopal” dijadikan stadion di trenggalek
Itulah sepenggal ke unikan tentang Trenggalek. Mungkin masih banyak lagi kata yang lain yang bisa sobat sebukan dipapan komentar. Semoga kata-kata di atas bisa bermanfaat untuk kalian.

 

0 komentar:

Posting Komentar